STUDI KASUS MANAJEMEN DAN ORGANISASI PERUSAHAAN PT AQUA GOLDEN MISSISSIPPI, Tbk





KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr.wb.
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah-Nya yang telah dilimpahkan bagi kita, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Manajemen dan Organisasi PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPI, Tbk.” ini dapat diselesaikan dengan baik.
Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi Tbk. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Malaysia, Singapura, dan Brunei. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia sehingga menarik untuk dibahas tentang manajemen, organisasi, budaya organisasi, analisis POAC, dan analisis SWOT.
Kami selaku penyusun menyadari sepenuhnya bahwa makalah yang disusun ini masih belum atau jauh dari sempurna, untuk itu saran dan kritik yang bersifat membangun kami sangat butuhkan untuk memperbaiki kesalahan kami dilain kesempatan.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat, dan tidak lupa kami mengucapkan banyak terimakasih atas segala bentuk dukungan data dari berbagai pihak dan sumber informasi di internet demi kelangsungan penyeselesaian dalam penulisan makalah yang kami buat ini.

Jakarta, 24 Oktober 2017


Kelompok 4


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi Tbk di Indonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Malaysia, Singapura, dan Brunei. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK.
Aqua yang pada awalnya memiliki kesulitan dalam penjualan karena masyarakat pada waktu itu belum mengetahui mengenai air yang dikemas enggan untuk membelinya, namun seiring berjalannya waktu Aqua akhirnya menjadi produsen yang dikenal diseluruh Indonesia dan menjadi pemimpin pasar AMDK.
Melihat  perkembangan  Aqua sebagai  produsen  AMDK  yang  cukup pesat dari waktu ke waktu penyusun ingin mengetahui secara lebih mendalam bagaimana manjemen dan organisasi, bagaimana POAC yang telah dilakukan  PT.  Aqua  Golden  Missisippi  hingga  bisa  sampai  sekarang  ini.
1.2.             Rumusan Masalah
Bagaimana sejarah singkat PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk.?
Apa saja produknya?
Bagaimana Budaya organisasi yang ada di PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk.?
Bagaimana penerapan manajemen (POAC) yang dijalani?
Apa saja SWOT dari PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk.?
1.3.             Tujuan
a)      Mengetahui Sejarah Berdirinya PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk.
b)      Mengetahui produk yang dihasilkan PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk.
c)      Mengetahui budaya organisasi yang diterapkan PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk.
d)     Mengetahui bagaimana penerapan manajemen (POAC)
e)      Mengetahui SWOT dari produk produk PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Sejarah Singkat Perusahaan PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPI, Tbk.

PT Aqua Golden Mississippi, selaku perusahaan pertama dari Aqua Group, didirikan pada tahun 1973 di Indonesia. Ide mendirikan perusahaan AMDK timbul ketika Tirto bekerja sebagai pegawai Pertamina pada awal tahun 1970-an dan pegawai Petronas pada awal dekade 1980-an. Ketika itu Tirto bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu terganggu ketika istri ketua delegasi mengalami diare yang disebabkan karena mengonsumsi air yang tidak bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara barat tidak terbiasa meminum air minum yang direbus, tetapi air yang telah disterilkan.
            Ia dan saudara-saudaranya mulai mempelajari cara memproses air minum dalam kemasan di BangkokThailand. Tirto mendirikan pabrik pertamanya di Pondok Ungu, Bekasi, dan menamai pabrik itu PT Golden Mississippi dengan kapasitas produksi enam juta liter per tahun. Produksi pertama Aqua diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dengan harga jual Rp. 75, hampir dua kali lipat harga bensin yang ketika itu bernilai Rp.46/liter.
Saat ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi Aqua dengan kepemilikan berbeda-beda (3 pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, 10 pabrik dimiliki oleh PT Aqua Golden Mississippi, dan pabrik di Berastagi, Sumatera Utara dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo). Posisinya yang kuat disebabkan oleh faktor Aqua sebagai produk air mineral yang pertama kali hadir di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi yang digunakan adalah terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak, mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas.
Jenis-jenis Produk yang dihasilkan :
(i)     Kemasan Aqua
·         Gelas plastik (plastic cup): 240ml
·         PET: 330ml, 600ml dan 1500ml
·         PET Click n Go: 750ml
·         Galon: 19 liter
·         Reflections Glass Bottle: 380ml
(ii)   Mizone
Mizone merupakan merek minuman isotonik bernutrisi dari produsen Aqua. Mizone tersedia dalam kemasan botol PET 500ml dalam enam pilihan rasa:
·         Lychee Lemon
·         Orange Lime
·         Apple Guava
·         Activ
·         Fres'in Juicy Strawberry
·         Fres'in Crispy Apple

2.2.            Budaya Organisasi Perusahaan
AQUA Group menerapkan nilai-nilai Danone Group, yang menggambarkan visi dan etika binis kami yang unik. Sejarah nilai-nilai ini mencerminkan komitmen perusahaan kami terhadap komunikasi yang terbuka dan kerja bersama. Nilai-nilai Danone dibangun oleh masukan karyawan Danone (Danoner) mengenai nilai-nilai penting apa yang semestinya menggerakkan perusahaan. Hasil kolaborasi ini adalah empat nilai-nilai Danone yang menjadi bagian yang dihormati dan menyatu dalam kegiatan kami sehari-hari. Nilai-nilai ini memandu pengambilan keputusan dan juga cara pandang profesional kami. Nilai-nilai ini melindungi dan memelihara hal yang benar-benar spesial dari budaya Danone.
1         Kemanusiaan
v  Berbagi
Jujur terhadap diri kita sendiri dan orang lain menciptakan dialog, keterbukaan dan kerjasama tim.
v  Tanggung Jawab 
Kami memperhatikan keselamatan manusia dan produk dengan seksama, seperti juga kepada alam dan masyarakat.
v  Penghargaan Terhadap Orang Lain 
Kami peka terhadap perbedaan budaya, memperlakukan setiap orang dengan penghargaan yang sama, dan membantu pengembangan para mitra bisnis kami.

2         Kedekatan
v  Kemudahan Akses
Gaya manajemen kami adalah mudah ditemui dan terus terang.Kredibilitas
Jujur kepada diri sendiri dan mengambil tanggung jawab atas beragam tindakan kami.
v  Empati
Berhubungan dengan para pelanggan, para pemasok dan para pelanggan dengan cara yang tulus untuk membangun ikatan-ikatan dalam membeli dan menjual.

3         Keterbukaan
v  Rasa Ingin Tahu
Kesadaran akan apa yang dikerjakan sekarang dan secara proaktif merencanakan masa depan. Dengan menolak cara-cara kerja lama dan usang, kami membuka pikiran kami bagi ide-ide baru dengan penuh imajinasi.
v  Kelincahan
Melambangkan sifat kami yang penuh semangat dan energi, dengan cepat bereaksi terhadap beragam situasi dengan sikap fleksibel dan beradaptasi.
v  Dialog
Gaya manajemen kami adalah informal, mendorong sikap mendengar secara aktif dan diskusi terbuka. Kami mendorong perdebatan dan menerima beragam pandangan yang berbeda.

4         Antusiasme
v  Keberanian
Bebas untuk berpikir dan bertindak secara mandiri, kami mengambil resiko secara cerdas dan mencari jalur-jalur baru yang berbeda. Kami dapat dengan percaya diri mengatasi kegagalan.
v  Semangat
Kami bekerja dan memimpin dengan penuh keyakinan. Bekerja adalah suatu kesenangan saat kami bisa melampaui apa yang diharapkan dan mencapai keunggulan.
v  Hasrat menerima tantangan
Dengan sikap yang optimis dan penuh semangat, kami bersemangat untuk tumbuh dan memimpin.



2.3.            Proses Manajemen (POAC)
2.3.1. Planning
Dalam sebuah kegiatan usahanya, Tirto mengingatkan karyawannya bahwa 60 % dari apa yang mereka jual adalah pelayanan. Perencanaan yang akan dilakukan didasarkan sumber visi dan misi yang telah dibuat.
a.    Visi Perusahaan
(1)  Memberikan hidrasi berkualitas untuk kesehatan yang lebih baik bagi sebanyak mungkin masyarakat indonesia melalui produk dan layanan.
(2)  Membangun organisasi yang dinamis, terbuka, beretika dengan budaya pembelajaran  yang memberikan  kesempatan  berkembang  yang  unik bagi karyawan.
(3)  Menjadi  acuan  dalam  pembangunan  berkelanjutan,  melindungi sumberdaya  airnya, melestarikan  lingkungan,  memberdayakan masyarakat  dan  mempromosikan  serta mendorong  masyarakat  untuk menjadi lebih “bertanggung jawab terhadap lingkungan”.
b.    Misi Perusahaan
“Memberikan kesehatan melalui pangan kepada sebanyak mungkin orang.”
c.    Tujuan Perusahaan
Tujuan utama dari tiap perusahaan yang menjalankan usahanya adalah profit. Dan demi mencapai tujuan tersebut Aqua dari tahun ke tahun melakukan inovasi produknya sehingga dapat meningkatkan pendapatannya dan menjadikan produknya tetap ada dipasaran, serta selalu menjaga kualitasnnya supaya dapat bersaing dengan merk baru.
d.      Sasaran produk AQUA ditunjukan kepada beberapa kalangan :
1.      Produk AQUA sendiri ditunjukan untuk semua kalangan dan berbagai jenis umur
2.      AQUA Reflection, ditujukan kepada konsumen premium dengan pribadi modern, dinamis, dan selalu ingin maju dalam hidup serta diimbangi dengan tubuh / yang sehat dari dalam
3.      Mizone, ditujukan kepada para konsumen minuman isotonic dan konsumen mineral water berasa dan beraroma buah.
e.       Analisis SWOT
1.Strengths (Kekuatan) :
ü  Brand Aqua Danone sangat kuat
ü  Aqua Danone sebagai market leader bisnis air mineral (pangsa pasar 60%)
ü  Memasarkan produk tidak susah, karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk
ü  Kemasan Aqua semakin beragam ( dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon )
ü  Menggunakan manajemen sumber daya air yang canggih.
ü  Inovasi terbaru tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif, segel transparan dengan hologram
ü  Agen penjualan Aqua yang tersebar dimana-mana

2.          Weaknesses (Kelemahan) :
ü  Kendali pasokan / stok barang berada di tangan Principal / Main Distributor
ü  Diperlukan Modal Kerja yang cukup besar
ü  Ketika musim hujan penjualan turun dan Arus Kas terbenam di Stok Barang.
ü  Air mineral Aqua masih menggunakan proses Ozonisasi, sehingga menimbulkan stigma negatif pada masyarakat
3.      Opportunities (Peluang) :
ü  Jenjang menuju strata Distributor terbuka lebar
ü  Mempunyai peluang untuk merambah ke agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar lokal
ü  Sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air mineral yang bersih dan higienis dimana Aqua memiliki semua kriteria yang dibutuhkan
ü  Pemberian bantuan Aqua untuk wilayah terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa Aqua juga perduli terhadap sesama
ü  Air PDAM yang sekarang sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan
4.      Threats (Ancaman) :
ü  Mulai muncul produk-produk air mineral baru
ü  Sekarang ini banyak bermunculan depo-depo air minum isi ulang dikawasan padat penduduk dimana harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding Aqua
ü  Adanya kenaikan bahan baku untuk kemasan, seperti plastik untuk label dan bahan untuk pembuatan gallon
ü  Tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing
ü  Melemahnya daya beli konsumen
ü  Biaya pengiklanan yang tidak murah


2.3.2. Organizing (Pengorganisasian)

Uraian Pekerjaan :
1.       Rapat Umum Pemegang Saham / RUPS
Bertindak sebagai pemilik modal yang mempunyai wewenang tertinggi dalam perusahaan dan bertugas mengangkat dan meminta pertanggungjawaban direksi.
2.    Dewan Komisaris, bertugas :
Ø  Melakukan pengawasan atas jalannya usaha PT dan memberikan nasihat kepada direktur dalam melakukan tugas, dewan direksi berdasarkan kepada kepentingan PT dan sesuai dengan maksud dan tujuan PT.
Ø  Kewenangan khusus dewan komisaris, bahwa dewan komisaris dapat diamanatkan dalam anggaran dasar untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu direktur, apabila direktur berhalangan atau dalam keadaan tertentu

2. Direktur Utama, bertugas :
Ø  Memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijakan perusahaan memilih, menetapkan, mengawasi tugas dari karyawan dan kepala bagian (manajer)
Ø  Menyetujui anggaran tahunan perusahaan
Ø  Menyampaikan laporan kepada pemegang saham atas kinerja perusahaan

3. Direktur Keuangan Finance & Accounting, bertugas :
Ø  Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat dan tepat waktu.
Ø  Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan dan pembayaran kewajiban pajak
Ø  Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahaan (cashflow), terutama pengelolaan piutang dan hutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kesehatan kondisi keuangan.
Ø  Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, dan mengontrol penggunaan anggaran
Ø  Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntansi, serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan.
Ø  Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan

4. Direktur Pemasaran Sales & Marketing, bertugas :
Ø  Menentukan harga jual, produk yang akan dilaunching, jadwal kunjungan serta system promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan
Ø  Memonitor perolehan order serta merangkumkan forecast untuk memastikan kapasitas produksi terisi secara optimal
Ø  Memonitor jumlah stock seluruh Dept. Sales & Marketing untuk memastikan umur stock perusahaan tidak melebihi target yang telah ditentukan.
Ø  Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dg target yang ditentukan
Ø  Menganalisa dan memberikan arah pengembangan design & warna, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar
Ø  Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh sales team untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan
Ø  Menerapkan budaya, sistem, dan peraturan intern perusahaan serta menerapkan manajemen biaya, untuk memastikan budaya perusahaan dan sistem serta peraturan dijalankan dengan optimal

5. Direktur Personalia, bertugas :
Ø  Merencanakan perekrutan karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen.
Ø  Mengatur kegiatan yang berhubungan dengan karyawan dan menciptakan suasana kerja yangnyaman dan berdisiplin.
Ø  Menampung dan mencari keluhan karyawan.
Ø  Mengatur dan merencanakan training untuk peningkatan ketrampilan karyawan.
Ø Bertanggungjawab terhadap disiplin kerja karyawan.

6. Direktur Produksi, bertugas :
Ø  Mengendalikan semua proses produksi perusahaan.
Ø  Mengontrol jalannya proses produksi
Ø  Bertanggung jawab atas kelancaran proses produksi.
Ø  Bertanggung jawab atas hasil produksi.

2.3.3.      Actuating
Idenya adalah menyalurkan air minum yang diproduksinya melalui pipa ke pengusaha pembotolan swasta untuk dikemas dan distribusi ke saluran pengecer. Direktur PDAM Jaya memperkirakan bahwa air yang dipasarkan dibawah susunan tertentu akan berharga jauh lebih murah dari pada merek-merek dagang air dalam botol yang sekarang beredar. Hotel kelas satu di Jakarta sekarang, mengoperasikan instalasi sistem air bersihnya sendiri sehingga para tamu dapat meminum air kran.
Dalam iklannya AQUA menekankan asal dari air dan proses produksinya. Asal dari AQUA adalah benar-benar “sumber air yang mengalir”, bukan air tanah yang dipompa kepermukaan tanah. Merek-merek lain air yang diproduksi Grup AQUA menggunakan air yang dipompa, tapi tidak menggunakan nama AQUA.
Truk-truk yang diperlengkapi dengan tangki 10.000 liter yang berupa baja tahan karat membongkar air pada instalasi pemroses. Disana air diolah disucikan . Tidak ada bahan kimia, mineral, atau penyedap ditambahkan. Setelah diproses, AQUA dikemas dalam penampung lebar untuk export penjualan eceran . Di Jakarta AQUA memasok air bersih pada kapal perang asing yang  masuk dengan menggunakan truk-truk tangki besi stainless.
Satu hal yang mengejutkan, uji pemasaran di Terminal besar di Jakarta dan sepanjang jalan Pantura membuktikan bahwa orang-orang Indonesia ada kemauan untuk membeli air dalam botol.
Sebagai bagian dari hubungan masyarakat, AQUA juga membuka pabriknya untuk dikunjungi masyarakat untuk   meyakinkan   masyarakat   pelanggan   bahwa   AQUA   diproduksi   dengan   cara   yang higienis dengan fasilitas, personel, dan manajemen yang utama. Sementara pengiklanan dan humas   “menarik”   AQUA   melalui   saluran-saluran   distribusi,   promosi   eceran   lokal   dan potongan harga “mendorong” produksi pada pelanggan. AQUA menggunakan seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah membawakan logo dan slogan biru AQUA yang berbeda.

2.3.4.      Controling (Pengawaasan)
Pengawasan mutu adalah krusial di AQUA. Perusahan mempunyai laboratorium modern untuk menguji produk dan staff terdiri dari ahli fisikam ahli mikrobiologi, dan ahli kimia.
Sebagai tambahan untuk memenuhi Standard Pemerintah Indonesia untuk air kemasan, AQUA telah di setujui oleh World Health Organization (WHO), Administrasi Makanan dan Obat obatan Amerika, Agen pelindung Lingkungan Amerika dan Asosiasi Internasional Air dalam botol.
Pengawasan kwalitas “dimuara” sangat krusial. Disamping toko eceran, AQUA juga dijual di PK5 yang juga menjual rokok, minuman limun, makanan kecil, dan kadang-kadang bahan bakar bensin untuk sepeda motor.  Sering outlet-outlet ini tidak melindungi produk AQUA dari sinar matahari, debu, dan bau yang menyengat yang dapat mempengaruhi air dalam botol dengan kemasan bukan gelas.
Walaupun kemasan PET yang digunakan AQUA adalah kemasan non gelas yang tersedia, tetap ada rembesan gas pada tingkatan tertentu. Penanganan dan penyimpanan yang benar dibutuhkan untuk mencegah kerusakan produk. AQUA dan agen pemasarannya, PT Wirabuana Intrent, menyelenggarakan pelatihan dan pemerikasaan dilapangan untuk memastikan bahwa pedagang kecil mencegah pencemaran “dimuara”.
AQUA juga mempunyai upaya aktif dalam riset dan pengembangan untuk  bahan kemasan  baru  dan cara-cara baru  untuk  menarik pelanggan.  Teknologinya yang memimpin dikalangan pabrik kemasan memberi daya saing sepanjang biaya kemasan berkisar diantara 40% sampai 70% biaya produksi, bergantung pada produknya.




BAB III
PENUTUP

3.1.   Kesimpulan
PT Aqua Golden Mississippi Tbk di Indonesia sejak tahun 1973 sudah memulai memproduksi AQUA yaitu air minum dalam kemasan (AMDK). Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Malaysia, Singapura, dan Brunei. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK. Jenis produk yang dihasilkan adalah mizone dan aqua.
PT Aqua Golden Mississippi Tbk memiliki 4 budaya organisasi yaitu kemanusiaan, kedekatan, keterbukaan, dan Antusiasme. Proses manajemen yang dilakukan PT Aqua Golden Mississippi Tbk ada 4 yaitu
1.      Planning
Dengan mewujudkannya melalui visi dan misinya, tujuannya yang mencari laba, dan Sasaran produk AQUA ditunjukan kepada beberapa kalangan dari semua kalangan dan berbagai jenis umur, konsumen premium, dan mizone untuk konsumen yang memerlukan minuman isotonic dengan berbagai macam rasa dan beraroma buah. Dalam sebuah kegiatan usahanya, Tirto mengingatkan karyawannya bahwa 60 % dari apa yang mereka jual adalah pelayanan. Di planning ini juga disebutkan analisis mengenai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman terhadap perusahaan maupun produknya.
2.      Organizing
Berisi susunan struktur kepemimpinan di PT Aqua Golden Mississippi Tbk.
3.      Actuating
Idenya adalah menyalurkan air minum yang diproduksinya melalui pipa ke pengusaha pembotolan swasta untuk dikemas dan distribusi ke saluran pengecer. Dalam iklannya AQUA menekankan asal dari air dan proses produksinya. Asal dari AQUA adalah benar-benar “sumber air yang mengalir”, bukan air tanah yang dipompa kepermukaan tanah. Merek-merek lain air yang diproduksi Grup AQUA menggunakan air yang dipompa, tapi tidak menggunakan nama AQUA.
4.      Controlling
Pengawasan mutu adalah krusial di AQUA. Perusahan mempunyai laboratorium modern untuk menguji produk dan staff terdiri dari ahli fisikam ahli mikrobiologi, dan ahli kimia.

3.2.   Penutup
Sebagai penutup makalah yang berjudul “Manajemen dan Organisasi PT Aqua Golden Mississippi Tbk. ”, kami memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga dengan penuh kesabaran, ketabahan, dan jerih payah kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Semoga apa yang kami paparkan dalam makalah ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya dan pembaca pada umumnya. Hanya kepada Allah segalanya kami kembalikan, sebab ditangan-Nya lah sumber kebenaran.
Demikianlah penulisan makalah ini dibuat, semoga dapat bermanfaat. Mohon maaf apabila ada banyak kekurangan dalam makalah ini. Kami mengucapkan terimakasih kepada sumber-sumber yang telah membantu kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini.



DAFTAR PUSTAKA






TAG :
Pengantar Bisnis 1
Materi Kuliah Akuntansi Semester 1
Manajemen dan Organisasi Bisnis
Analisis POAC
Analisis SWOT


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasus Pelanggaran Etika Bisnis PT Nike

Studi Kasus Penetapan Harga PT SOSRO

Studi Kasus Pengelolaan SDM PT ASTRA